10 July 2013

WAN ( Wide Area Network )

Assalamualaikum..

Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan dari postingan saya beberapa jam yang lalu, yaitu mengenai jenis-jenis jaringan computer, pada postingan saya sebelumnya kita sudah mengetahui tentang jaringan LAN, dan sekarang kita akan melanjutkan mengenai jaringan WAN.


WAN ( Wide Area Network )

Wan sendiri hampir sama dengan MAN ataupun LAN, tetapi jaringan ini
mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan antar benua, WAN juga terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan uantuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.

Arti dari WAN itu sendiri adalah sekumpulan LAN-LAN yang saling terhubung melalui jalur komounikasi dari service provider.

Sebuah WAN mengunakan jalur data untuk membawa data menuju ke internet dan menghubungkan lokasi-lokasi perusahaan yang terpisah. Telepon dan layanan data yang paling banyak digunakan pada WAN. Perangkat pada pelanggan disebut CPE ( Customer Premises Equipment ). Pelanggan memiliki sendiri atau menyewa dari Service Provider. Kabel tembaga, serat optik atau wireless yang di gunakan untuk menghubungkan CPE ke Central Provider terdekat atau ke kantor pusat dari Service Provider, media ini sering disebut dengan Local Loop.
Perangkat yang meletakan data Local Loop disebut DCE ( Data Circuit-terminating Equipment ). Perangkat pelanggan yang melewati data ke DCE di sebut dengan DTE ( Data Terminal Equipment ). Wan menyediakan berbagai macam kecepatan data yang diukur dalam satuan Kilo Bits Per Second ( Kbps )



PERANGKAT WAN

Wan menghubungkan beberapa LAN melalui jalur komunikasi dari service provider, karena jalur komunikasi tidak bisa langsung dimasukan ke LAN maka diperlukan beberapa perangkat interfaces, beberapa perangkat tersebut adalah:


1.    ROUTER


Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent dan juga dapat berpastisipasi dalam manajement Jaringan Komputer. Router mengatur jaringan dengan menyediakan Kontrol dinamis memalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan. Beberapa tujuan tersebut antara lain Konektivitas,Performansi yang Reliabel, Kontrol Manajemen dan Fleksibilitas.


2.   MODEM


Modem adalah sebuah perangkat di butuhkan untuk mempersiapkan data untuk Tranmisi melalui Local Loop. Modem  dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog di bandingkan digital. Modem mengirim data melalui jalur telepon dengan Memodulasi dan Demodulasi Sinyal. Sinyal digital di tumpangkan ke sinyal suara analog yang di modulasi untuk si tranmisikan. Pada sisi penerima sinyal anlog di kembalikan menjadi Sinyal atau Demodulais.


3.   CSU/DSU


Jalur komunikasi menbutuhkan sinyal dengan format yang sesuai. Untuk jalur digital, sebuahChannel Service Unit (CSU) dan Data Service Unit (DSU) di butuhkan . Keduannya sering di gabungkan menjadi sebuah perangkat yang di sebut CSU/DSU.






KELEBIHAN JARINGAN WAN

·        Memiliki sistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
·        Apabila terhubung dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang saling berjauhan. Dapat di lakukan dengan cepat menggunakan email & chat
·        Dapat menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas hanya dalam waktu beberapa menit, tanpa perlu menyediakan sejumlah uang yang besar untuk membayar telepon per bulannya.

KELEMAHAN JARINGAN WAN

Jaringan WAN lebih rumit dan sulit dalam hal settingan dan alat-alat yang dibutuhkan sangatlah mahal. WAN memerlukan perbagai peralatan dan data sebelum jaringan setempat dan metropolitan berhubungan dengan komunikasi secara global dan antarabangsa seperti internet.


semoga bermanfaat buat teman-teman yang membutuhkan materi ini J


wassalamualaikum..

0 comments:

Post a Comment

Readers

Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Hot Thread