04 June 2014

Manfaat Mandi dengan Air Dingin

Ladies, apakah kalian suka malas mandi ketika pagi hari? selimut hangat lebih menarik ketimbang bermain dibawah pancuran air, atau kalian hoby mandi dengan air hangat? banyak keuntungan bagi kamu yang suka mandi pagi apalagi dengan air dingin. 

ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari nikmatnya mandi dengan air dingin



1. Membakar Lemak Lebih Cepat 
Dikutip dari laman Boldsky menjelaskan, mandi dengan air dingin di pagi hari efektif meluruhkan timbunan lemak pada
tubuh, dan meningkatkan produksi lemak coklat, yaitu jenis lemak yang memiliki fungsi untuk membakar kalori yang berlebihan dalam tubuh. Selain itu berendam dalam air dingin selama 3 menit dapat mempercepat penurunan berat badan, suhu air yang dingin meningkatkan daya pencernaan yang menghancurkan lemak.

2. Memperlancar Aliran Darah
Ketika melakukan kontak dengan air dingin, awalnya tubuh pasti akan mendapatkan sedikit kejutan yang berakibat memperlambat peredaran darah. Tetapi dalam waktu yang nyaris bersamaan mekanisme tubuh justru akan meningkatkan kecepatan peredaran darah, sehingga sirkulasi darah bekerja dengan dorongan ekstra. hal ini yang menyebabkan peredaran darah menjadi sangat lancar dan efektif mengeluarkan racun dan zat berbahaya dari dalam tubuh.


3. Membuat Wajah Bersinar Alami
Ketika seorang muslim berwudhu pada subuh hari, wajahnya terlihat begitu bersinar sesaat setelah berwudhu, kenapa? selain karena efeksamping dari berwudhu itu sendiri, ternyata air dingin yang dibasuhkan ke wajah bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, berbeda jika membasuh wajah dengan menggunakan air hangat yang dimana memperbesar pori-pori pada kulit wajah.

Mencuci muka dengan air dingin juga tidak akan melunturkan minyak alami yang bermanfaat menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, jadi orang yang terbiasa membasuh wajah dengan air dingin akan lebih lama terhindar dari kondisi kulit wajah keriput dan kusam, dan yang paling penting bisa terhindar dari minyak berlebih dan jerawat pada wajah.

4. Membuat Otot Lebih Rileks
Pernah merasakan otot yang membengkak sesudah melakukan olahraga? atau pernah cedera? bagaimanakah kalian mengatasi peradangan otot/cedera itu? pastinya dengan merendam bagian tubuh yang sakit itu kedalam air dingin atau mengoleskan sesuatu yang bersifat dingin. Otot-otot yang meradang membutuhkan waktu untuk membuatnya menjadi rileks kembali, air dingin membuat serat-serat pada otot menjadi membesar kembali dan mengembalikan kekuatan serta massa otot seperti semula.


5. Mendinginkan Fikiran
Mandi dengan air dingin juga membantu fikiran untuk menjadi segar kembali setelah seharian beraktivitas, selain itu mandi dengan air dingin juga dapat mengatur kadar asam urat dalam tubuh, yang dimana hal ini dapat membantu menghilangkan kepenatan setelah memikirkan banyak hal dalam waktu seharian.

7. Membangkitkan Semangat 
Ini poin yang paling penting dari manfaat mandi dengan air dingin yaitu membangkitkan semangat.
Mandi pagi dengan air dingin setelah bangun tidur akan memberikan stimulasi pada syaraf-syaraf yang lemas lantaran beristirahat semalaman, akibatnya mata akan terbuka lebar, pikiran terasa lebih dingin dan segar, dan emosi akan lebih semangat dalam melakukan aktivitas dipagi hari.

Semua hal itu pada dasarnya baik bagi tubuh, tapi tergantung dari keadaan kondisi serta fisik orang tersebut, buat ladies yang mempunyai penyakit hipertensi dan diabetes metode ini tidak boleh dilakukan, baiknya mandi menggunakan air hangat.


0 comments:

Post a Comment

Readers

Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Hot Thread